Beranda DAERAH Tahun Ini PT. Koa Silalouw Akan Segera Dibangun

Tahun Ini PT. Koa Silalouw Akan Segera Dibangun

434
BERBAGI

MALUKU,KabarDaerah.com,- Kabar baik bagi seluruh masyarakat khususnya para pencari kerja di Kabupaten Maluku Tengah, bahwa dalam kurun waktu dekat ini Perusahan tapioka dan etanol, PT. Koa Silalouw Indonesia akan segera dibangun.

Setelah melewati banyak proses selama bertahun-tahun, akhirnya perusahan singkong terbesar di Indonesia ini akan hadir di 2018 ini.kehadirannya membawa angin segar bagi para peminat kerja di daerah ini. Pasalnya, perusahan penghasil tapioka dan etanol ini akan membutuhkan kurang lebih sebanyak 6000 karyawan.

Enam Ribu (6000) karyawan tersebut terdiri dari karyawan pabrik, seperti staf kantor, tenaga pembantu untuk empat orang tenaga skil yang didatangkan langsung dari korea, buruh pengolahan bahan mentah serta bahan jadi, maupun buruh perkebunan dan lainnya.

Seluruh dokumen perizinan pun telah disiapkan. Bahkan telah mendapatkan persetujuan semua pihak, baik Pemerintah Negeri pemilik lahan, pemerintah daerah maupun pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian di Jakarta.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur PT. KOA Silalouw Indonesia, Bujair Wasolo saat dirinya bersma 3 investor asal korea melakukan survei lahan pabrik di Kawasan Kilometer 14,Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng.

Masing-masing mereka adalah, Lee Jai Sung chairman Post DnC. Co., ltd, Mr Kim Direktur post DnC co.ltd, serta direktur utama PT.Koa Silalow Indonesia Lee Bu Young di Masohi Senin Kemarin.

Kata Bujair, seluruh proses perizinan telah dikantongi perusahan perkebunan budidaya singkong itu. Tinggal menunggu tahap pencairan awal yang akan diperuntukan bagi pembangunan bangunan pabrik tersebut.

Rencananya, untuk investasi awal investor asal Korea yang bertindak sebagai penyokong modal sudah menyiapkan dana yang diperlukan bahkan, akan melakukan tahap investasi awal itu sebelum labaran Idul Fitri tahun 2018 ini.

Bahkan Direktur utama PT.Koa Silalow Indonesia, Lee Bu Young yang di alih bahasakan oleh

Chairman Post DnC.Co.ltd  Lee Jai Sung kepada media ini, Senin petang kemarin di Masohi.

Dikatakan, untuk pencairan awal, pihaknya akan mengucurkan dana awal untuk pembangunan tahap awal sebesar 2 juta US Dollar.

“Pertama atau investasi awalnya itu 2 juta US Dollar. Dan nanti bertahap,”katanya.

Meski demikian, hingga kini pihaknya maaih menunggu proses izin pencairan dana untuk masuk ke-Indonesia. Dan pihak perusahan sendiri berencana akan menyelesaikan seluruh izin pencairan dalam tempo dua minggu kedepan.

“Perencanaannya kita sedikit ada dokumen-dokumennya ada finishing dulu. Rencananya sebelum lebaran nanti sudah mulai investasi,”terangnya.

Pemodal atau investor asing itu berharap, ada sokongan moril pemerintah daerah setempat untuk membantu kelancaran pendirian pabrik tapioka dan etanol ini.

Sebab kehadiran pabrik tersebut bukan hanya dapat mengikis angka pengangguran di Maluku Tengah, namun juga bisa menambah atau meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten bertajuk Pamahanunusa itu.

“kami berharap pemerintah bisa membantu melancarkan proses pembagunan pabrik ini,”ujar Lee Jai Sung. (LC)

loading...