Beranda DAERAH Pesta Rakyat Banda Tahun 2018 Dirangkai Dengan Gelaran Cuci Parigi Lonthoir

Pesta Rakyat Banda Tahun 2018 Dirangkai Dengan Gelaran Cuci Parigi Lonthoir

537
BERBAGI

AMBON-Gelaran event pariwisata Pesta Rakyat Banda yang selalu rutin digelar Dinas Pariwisata Provinsi Maluku akan makin meriah tahun ini.

Pasalnya, tahun 2018 ini, gelaran Pesta Rakyat Banda di Pulau Banda, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah bakal dirangkai dengan acara adat Cuci Parigi Lonthoir di Negeri Lonthoir, Pulau Banda Besar, Kecamatan Banda Neira.

Sebagaimana dikethaui, acara Cuci Parigi Lonthoir dilangsungkan 10 tahun sekali sehingga benyak diminati oleh wisatawan untuk menyaksikan langsung prosesi tersebut.

Dijelaskannya, event Pesta Rakyat banda Tahun 2018 akan dilangsungkan pada 7-14 November mendatang. “Pesta Rakyat banda Tahun ini kita bikin dari tanggal 7-14 November. Setelah itu kita sambung dengan Cuci Parigi Lonthoir,”jelasnya kepada wartawan pekan kemarin di ruang kerjanya.

Maka dari itu, pemilihan waktu pelaksanaan dari tanggal 7-14 November memiliki tujuan agar kedua event tersebut bisa dilangsungkan bersama-sama. “Jadi kita sesuaikan dengan jadwal di Banda, ada lomba-lomba,”ujarnya.

Selian itu, lewat event Pesta Rakyat Banda itu juga, nantinya dispar Provinsi Maluku akan memperkenalkan budaya bersepeda bagi masyarakat Banda.

Hal itu mengingat kondisi Banda yang terbilang kecil sehingga sangat cocok dalam mengembangkan wisata bersepeda di Pulau yang pernah dijajah oleh Belanda dan Portugis itu.

Selian itu juga, dengan memperkankan budaya bersepeda, maka kedepannya di Banda juga bisa dilangsungkan perlombaan Dwiathlon.

“Nanti kita juga akan memperkenalkan bersepeda bagi masyarakat Banda. Lomba-lomba di Banda kita selalu bagikan hadiah sepeda, sehingga kedepannya bisa dibuat lomba Dwiathlon di Banda,”tandasnya

loading...