Beranda DAERAH Kelompok John Kei dan Napi Teroris Bentrok di Nusakambangan

Kelompok John Kei dan Napi Teroris Bentrok di Nusakambangan

4749
BERBAGI

Kabardaerah.com – Bentrok yang terjadi antar narapidana di Lapas Kelas II A Permisan Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa 7 November 2017 sekitar pukul 07.50 WIB terjadi antara napi dari kelompok John Kei dengan napi teroris. Akibat peristiwa itu satu napi tewas dan tiga orang terluka.

Bentrok antar napi itu menggunakan balok balok kayu proyek dan batu yang ada di sekitar lapas. Beberapa fasilitas Lapas antara lain pintu, jendela kaca serta taman rusak.

“Pada pukul 07.50 WIB yang dilakukan oleh 9 napi kasus terorisme yang menyerang blok hunian B, kamar 8 yang ditempati oleh John Kei dengan menggunakan balok kayu proyek dan batu-batu yang ada di sekitar kamar blok isolasi,” kata Kalapas Permisan Yan Rusmanto dalam laporan Kronologis Kejadian Sementara yang didapat wartawan, Rabu (8/11).

Pada pukul 08.45 WIB petugas berusaha meredam keributan dengan cara mediasi antara kelompok John Kei dengan napi terorisme. Namun tidak berhasil karena massa terus merangsek dan berusaha masuk melalui pintu 5 sehingga membuat petugas kewalahan. Massa berusaha melakukan serangan balik ke napi teroris untuk menyelamatkan John Kei di kamarnya.

“Kerusuhan akhirnya pecah, batu dan kayu menjadi alat yang digunakan saat kerusuhan. Beberapa fasilitas Lapas rusak seperti pintu, jendela kaca, dan taman. Napi teroris yang terpojok masuk dan bertahan di dalam kamar isolasi,” ujarnya.

Sekitar 10 menit setelah kerusuhan John Kei berhasil diselamatkan dari kamarnya, massa pun bisa terkendali dan mundur di sekitar taman gazebo. Kamar teroris dikunci oleh petugas untuk keamanan dan keselamatan WPB teroris mulai pukul 09.15 hingga 12.30 WIB kondisi sepenuhnya terkendali.

Sekitar pukul 12.20 WIB seorang petugas jaga Surachman, melihat beberapa anak buah John Kei mencari napi bernama Sutrisno di kamar 20 yang diduga membantu napi teroris terlibat dalam pengeroyokan John Kei.

Surachman yang curiga, kemudian membuntuti dan mendapatkan Sutrisno sedang dikeroyok oleh beberapa anak buah John Kei dengan kondisi kamar tertutup.

Kemudian pada pukul 12.30 WIB, tiba tiba terjadi penyerangan kepada seorang napi bernama Tumbur Bondy yang merupakan rekan John Kei mengakibatkan luka berat pada bagian punggung dan perut.

“Namun saat di perjalanan menuju RSUD, sekitar pukul 13.00 WIB napi Bondy meninggal dunia,” katanya.

Petugas berusaha melerai perkelahian itu dengan cara memediasi kedua belah pihak agar berdamai. Namun massa terlanjur tak terkendali. Massa John Kei memaksa masuk melewati pintu 5 dan menyerang napi teroris untuk menyelamatkan John Kei dari kamarnya.