Beranda PERISTIWA Individualisme Meningkat, Beginilah Potret Masyarakat Desa Beurandang

Individualisme Meningkat, Beginilah Potret Masyarakat Desa Beurandang

69
BERBAGI

Oleh: Muhammad Hasbuh

Benarkah semangat gotong royong telah sirna diera yang serba moderen ini. Tanya itu kian membayangi Aisyah saat sedang membantu tetangga menanam padi di sawah.

Seolah menjawab pertanyan tersebut, Aisyah (38) dan sejumlah masyarakat lainnya dengan suka cita dan penuh semangat wujudkan aksi gotong royong membantu Tgk. Rusli Rasyid, salah seorang guru pengajian di Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh yang sedang menanam padi disawah.

“Sudah menjadi identitas kita masyarakat Indonesia saling tolong menolong untuk meringankan pekerjaan tetangga kita, semangat gotong royong yang telah ditanamkan oleh leluhur kita jangan kita biarkan hilang tergerus zaman,” ujar Aisyah, Jumat, sambil mengambil bibit padi dan menanamnya.

Dimomen yang sama pula Ibu Jariah (50) bahkan menapik pertanyaan itu, menurutnya walau sebagian masyarakat sudah tidak lagi membudayakan kegiatan gotong royong namun tidak demikian dengan masyarakat di Desa Beurandang.

“Kami masyarakat Desa Beurandang tidak akan menyingkirkan kegiatan yang sangat mulia itu, sebisanya kami akan terus menanamkan semangat gotong royong kepada anak cucu kami,” pungkas istri dari Kepala Sekolah SDN Seumanah Jaya itu.

Sementara itu Tgk. Rusli Rasyid pemilik 5 Hektar sawah di Desa Beurandang itu sangat mengapresiasi semangat masyarakat Desa Beurandang yang masih berdiri kokok mempertahankan semangat gotong royong yang merupakan warisan dari leluhur masyarakat Indonesia itu.

“Saya sangat berterimakasih atas atensi masyarakat yang sekiranya dengan suka lera telah membantu dan meringankan pekerjaan saya di sawah, sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas segala bantuannya” ucap Rusli Rasyid dengan wajah haru.

Oleh karna demikian, walau budaya Gotong Royong tidak lagi diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari sebagian masyarakat indonesia, lantas bukan berarti semangat gotong royong masyarakat Indonesia telah hilang, faktanya masih ada kok ! Seperti yang telah dilaksanakan oleh Masyarakat Desa Beurandang ini.

( Penulis Adalah wartawan Aceh.Kabardaerah.com)

BERBAGI
Artikel berikutnyaTangguak Rapek Karanjang Jarang