Beranda DAERAH Cuaca Masih Buruk, Beginilah Dampak Banjir Bandang Tanggamus

Cuaca Masih Buruk, Beginilah Dampak Banjir Bandang Tanggamus

58
BERBAGI

Lampung.Kabardaerah.com- Hujan deras yang berlangsung beberapa jam telah menyebabkan banjir bandang di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung pada, Kamis.

Adapun lokasinya adalah di Kecamatan. Kelumbayan, Ds. Napal Kecamatan Kelumbayan Barat, Ds. Sidoarjo, Ds. Pekon Unggak Kecamatan Marga Punduh, Ds. Penyandingan.Menurut informasi yang didapat GoNews.co dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada sekitar 100 jiwa mengungsi di Kantor Camat Kelumbayan.

Kerugian Materil, Talud jebol/rusak berat dengan diameter kerusakan ± 30 meter di Kecamatan Kelumbayan. Kemudian di Desa Napal ada 10 unit rumah rusak berat, 6 unit rumah rusak ringan, 400 unit rumah terdampak. Dan Jalan Ds. Napal ke Ds. Penyandingan putus.

“Sementara di desa Penyandingan ada 7 unit rumah rusak berat, 10 unit rumah rusak ringan, 267 unit rumah terdampak.1 Kantor Sahbandar terdampak, 1 (SD) sekolah dasar terdampak dan 1 jembatan putus,” ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (27/10/2017) malam.

Sementara itu kata dia, di Desa Sidoarjo terdapat 200 unit rumah terdampak dan1 unit rumah rusak ringan. Sementara di Desa Pekon Unggak terdapat 80 unit rumah terdampak. Adapun kronologisnya, banjir bandang tersebut terjadi setelah curah hujan yang tinggi disertai air kiriman dari gunung dan meluapnya sungai Napal.

“Berbagai reaksi cepat sudah dilakukan pihak BPBD Kab. Tanggamus bersama BPBD Prov. Lampung, Dinas Kesehatan, BASARNAS, KODIM, DINSOS ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan serta pemasangan tenda pengungsian dan dapur umum,” tukasnya.

Sementara BPBD Kab. Tanggamus beserta unsur yang telibat saat ini juga melakukan pendistribusian bantuan berupa makanan siap saji, family kit, beras dan mie instan.”Kondisi terakhir, sebagian daerah masih terendam banjir setinggi 1 meter.

Cuaca saat ini di lokasi mendung. Dan kita berharap masyarakat tetap waspada, untuk masyarakat yang mungkin butuh informasi lengkapnya bisa menghubungi Romas selaku Kalak BPBD Kab. Tanggamus dengan nomor 081273161973.

(Griau/rasyid)

Adapun rincian peritiwa Banjir Bandang Terjang Tanggamus, antara lain adalah.

Puluhan Rumah Rusak*

*Lokasi :*
*Prov. Lampung*
*Kab. Tanggamus*
*- Kec. Kelumbayan,*
– Ds. Napal
*- Kec. Kelumbayan Barat,*
– Ds. Sidoarjo,
– Ds. Pekon Unggak
*- Kec. Marga Punduh,*
– Ds. Penyandingan

*Korban Jiwa :*
– 100 jiwa mengungsi di Kantor Camat Kelumbayan.

*Kerugian Materil :*
– Talud jebol/rusak berat dengan diameter kerusakan ± 30 meter di Kec. Kelumbayan.

*Ds. Napal :*
– 10 unit rumah rusak berat.
– 6 unit rumah rusak ringan.
– 400 unit rumah terdampak.
– Jalan Ds. Napal ke Ds. Penyandingan putus.

*Ds. Penyandingan :*
– 7 unit rumah rusak berat
– 10 unit rumah rusak ringan
– 267 unit rumah terdampak.
– 1 Kantor Sahbandar terdampak.
– 1 (SD) sekolah dasar terdampak.
– 1 jembatan putus.

*Ds. Sidoarjo :*
– 200 unit rumah terdampak.
– 1 unit rumah rusak ringan.

*Ds. Pekon Unggak :*
– 80 unit rumah terdampak.

*Kronologis :*
– Akibat curah hujan yang tinggi disertai air kiriman dari gunung dan meluapnya sungai Napal.

*Upaya :*
– BPBD Kab. Tanggamus bersama BPBD Prov. Lampung, Dinas Kesehatan, BASARNAS, KODIM, DINSOS ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan serta pemasangan tenda pengungsian dan dapur umum.
– BPBD Kab. Tanggamus beserta unsur yang telibat melakukan pendistribusian bantuan berupa makanan siap saji, family kit, beras dan mie instan.

*Kondisi Mutakhir :*
– Sebagian daerah masih terendam banjir setinggi 1 meter.
– Cuaca saat ini di lokasi mendung.

*Info lanjut hubungi :*
– Romas Kalak BPBD Kab. Tanggamus 081273161973

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB