Beranda DAERAH
134
BERBAGI

KKP Memberikan Bantuan Kapal Untuk Nelayan di Maluku

AMBON,Kabardaerah.com – 134 Nelayan di Maluku terima bantuan kapal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang diserahkan langsung oleh Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI Sjarief Widjaja, kepada Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, yang melanjutkannya kepada para perwakilan kelompok nelayan.

Penyerahan bantuan yang berlangsung di Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Tantui, Ambon, Rabu (6/12), disaksikan langsung oleh Pimpinan Komisi IV DPR RI Michael Wattimena,

Dirjen Sjarief, dalam arahanya sebelum penyerahan mengakui akan potensi perikanan di Maluku yang sangat berlimpah. Ia pun berpesan agar tidak merusak lingkungan ketika melakukan aktifitas penangkapan di lautan.

“Harus menjaga dan melindungi kelestarian hayati laut, ” ujarnya.

Ditambahkan Pimpinan Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, bahwa 134 kapal perikanan yang diberikan beragam ukuran dilengkapi dengan alat penangkapan ikan (API) yang ramah lingkungan. API ramah lingkungan berupa rawai dasar 1.000 mata pancing, handline tuna, pancing tonda dan gillnet millenium.

“Ingat ya kapal-kapal yang diberikan ini semuanya sudah memiliki ijin ketika di pabrikasi. Jadi para nelayan tidak perluh mengurus ijinnya lagi, ” tandas dia.

Diakhir sambutan Wagub Sahuburua, katakan bahwa Pemprov Maluku sangat mengapresiasi pemberian bantuan ini. Dan ia pun berharap mimpi masyarakat Maluku menjadi lumbung ikan nasional kian terwujud.

Dalam kegiatan tadi juga diberikan bantuan asuransi untuk 8.379 nelayan yang tersebar di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Buru, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Kota Tual dan Ambon. Kemudian diberikan klaim asuransi kepada lima orang perwakilan nelayan yang mendapatkan santunan sebesar Rp160 juta akibat meninggal dunia dan satu orang yang mengalami cacat tetap sebesar Rp 8 juta.

loading...